Pages

Friday, February 27, 2015

Definisi dari class dan object

Perumpamaan Class dan Object

  • Class adalah sebuah blue print, atau prototype, yang mendefinisikan variabel-variabel dan metode-metode yang umum untuk semua objek dari jenis tertentu. Class hanyalah sebuah prototype, penggunaan class tersebut tidak bisa langsung tetapi harus dibuatkan objek terlebih dahulu. Dengan mendeklarasikan suatu class, maka kita telah mendeklarasikan suatu tipe data baru (tipe data referensi). Dengan menggunakan tipe data class ini, kita dapat menciptakan instance-nya yang merupakan objek sesungguhnya. Class merupakan struktur dasar dari OOP atau yag disebut dengan Object Oriented Programming yang terdiri dari dua tipe yaitu : Field (attribute/property) dan method (behavior). Penggunaan class sebagai sarana untuk mendeklarasikan sebuah variabel yang berupa objek. Class dapat juga dikatakan sebagai Blue Print atau cetakan untuk menciptakan suatu instant dari sebuah objek. 
    Contoh Class sederhana:

    Pada kode diatas class yang dipakai adalah class Buah_buahan, dengan nama sebagai attribute yang terdapat pada class Buah_buahan.


  • Object adalah sekumpulan software yang terdiri dari variable dan method-method terkait. Object merupakan bagian dinamis dari suatu class
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

berkomentarlah dengan baik, maka saya akan berterima kasih :)