Pages

Saturday, August 11, 2012

Perbedaan Java dan C++



Kita bertemu lagi teman :) Kali ini kita akan membahas tentang JAVA. Pada postingan sebelumnya kan kita sudah membahas tentang java itu apa, sejarah java dan lain sebagainya. Sekarang ini kita akan membahas perbedaan JAVA dengan bahasa pemrograman lainnya yaitu C++. 

Java dirancang untuk menjadi bahasa yang sederhana, meminimalkan kesalahan, namun tangguh! Suatu aplikasi Java ditulis dalam bahasa Java dan memanfaatkan Java API (Application Programming Interface). Java API berisi koleksi class-class siap pakai yang mempermudah dalam penulisan aplikasi. Aplikasi ini juga hampir mirip dengan C++ dalam hal syntax perintahnya, namun tetap saja Java tidaklah sama dengan C++. Adapun perbedaan antara Java dengan C++ adalah sebagai berikut :
  • Pada Java, manajemen memory dinamis dan pointer dilakukan secara otomatis. Pada C++ pemrograman melakukan sendiri alokasi dan dealokasi memory. Otomatisasi ini menghilangkan kemungkinan bagi penggunaan pointer yang dapat merusak kestabilan program dan system operasi.
  • Java tidak mengenal multiple inheritance seperti pada C/C++. Multiple Inheritance membingungkan dan berakibat pada sulitnya pembuatan aplikasi dan compiler. Sebagai ganti yang lebih baik, Java menggunakan interface.
  • Java merupakan bahasa OOP murni sedangkan C++ adalah bahasa OOP hybrid.
  • Java menggunakan model Exception dalam menangani kesalahan program.
  • Java tidak mempergunakan compiler-directive pada source code.
  • Java memiliki fasilitas garbage-collector yang bekerja secara otomatis untuk menjamin ketersediaan memori dengan membebaskan memori yang tidak terpakai.
  • Java sangat portable baik pada file sumbernya maupun hasil kompilasinya, sedangkan C++ hanya portable pada level kode sumbernya saja.
  • Spesifikasi bahasa dan implementasi Java sudah ditetapkan dan tidak mengikuti suatu mesin atau platform tertentu, C++ sangat tergantung pada mesin dan platform yang akan digunakan.

1 comment:

berkomentarlah dengan baik, maka saya akan berterima kasih :)